Kasus manusia 'sukses' telan ponsel pertama

Ponsel adalah perangkat komunikasi yang memiliki ukuran mini, biasanya mulai dari 4 incian. Namun, siapa sangka bila ada orang yang mau menelan bulat-bulat gadget satu ini.

Seperti yang dilansir oleh Live Science minggu lalu, seorang narapidana asal Irlandia di awal tahun ini diketahui membuat tim dokter kelabakan setelah mengaku menelan sebuah ponsel. 

Meski tidak jelas apa motifnya, namun pemindaian sinar-X membuktikan bila si ponsel sudah ada di dalam perut pria 29 tahun itu.


Tim dokter awalnya tidak terlalu cemas dan menunggu 18 jam apakah agar si ponsel 'keluar' dengan sendirinya. Tetapi, ponsel itu ternyata tetap tidak bergerak dari posisinya. Melihat ponsel itu bisa

berbahaya bagi si narapidana, dokter lantas mencoba untuk menarik kembali ponsel itu menggunakan alat-alat medis yang dimasukkan ke dalam mulut.

Sayangnya, segala upaya itu tak berhasil karena dianggap dapat melukai kerongkongan narapidana itu.

Akhirnya tim dokter memutuskan untuk melakukan operasi 'laparatomy'. Operasi yang sangat jarang

dilakukan ini memungkinkan dokter untuk mengambil langsung ponsel dengan cara membedah perut pasien.

Menariknya, kasus langka yang ditulis dalam Jurnal International Journal of Surgery Case Reports di bulan April kemaren membuat para dokter memutuskan mengembangkan alat medis baru yang dapat

memudahkan mereka mengambil objek asing yang masuk ke sistem pencernaan,

seperti smartphone. Harapannya, mereka dapat mengambil benda-benda asing berukuran besar dari perut tanpa perlu melakukan operasi.


Ini adalah kasus pertama seseorang berhasil menelan ponsel hingga masuk dalam perut. Sebelumnya di tahun 2014 lalu, muncul kasus serupa di Delaware, Amerika Serikat, namun si ponsel tersangkut di tenggorokan dan tidak sampai masuk lebih jauh.


sumber dirangkum tim smartjual dari kompas.com