Nokia Kembali Ke Pasar Smartphone 2016


SmartjualNews - Salah satu perusahaan teknologi asal Taiwan, Foxconn dan HMD Global dari Finlandia melakukan sebuah perjanjian dengan lisensi merek untuk memproduksi smartphone dan tablet baru.

Sebagaimana dilansir dari NY Post pada Kamis (19/4/2016) Foxconn baru saja membeli divisi feature phone Nokia dari Microsoft senilai $350 juta atau setara Rp4,5 triliun yang menjadi sinyal kuat Nokia akan kembali ke pasar smartphone setelah sekian lama termenung.

Kejadian tersebut telah disepakati pada hari Rabu kemarin (18/5/2016) yang diakui untuk menghidupkan kembali kejayaan brand Nokia yang selama ini masih teringat, meski terjadi persaingan sengit di pasaran dengan perangkat besar seperti Samsung dan Apple.

Untuk membuatnya jadi kenyataan, Foxconn menggandeng HMD Global yang dipimpin mantan eksekutif Microsoft telah menyetujui pembelian  ini, sehingga Fixconn dapat memperoleh hak atas 4500 pekerja di seluruh dunia beserta fasilitas manufaktur di Vietnam.

Foxconn dan HMD Global juga berencana menghabiskan 500 juta dollar atau 6,5 triliun rupiah dalam kurun waktu tiga tahun ke depan untuk mempromosikan perangkat yang rencananya akan menggunakan sistem operasi Android milik Google.