Solusi Penanggulangan Sampah Elektronik Secara Online (The E-waste C2B E-commerce solution)



    Jutaan gadget bekas dibuang di Indonesia setiap tahunnya akibat gaya hidup masyarakat yang semakin konsumtif. Hari ini Anda menggunakan iPhone 5, tetapi besok mungkin Anda ingin menggunakan iPhone 6. Setiap orang tahu bahwa gadget bekas tersebut akan menjadi sampah elektronik dan berdampak buruk terhadap lingkungan, jika disalurkan ke tempat yang tidak seharusnya.

    Bagaimana cara menyalurkan gadget bekas tersebut supaya tidak menjadi sampah elektronik (e-waste) ?. Sebagian orang menjual ke konter (recycler) handphone di pasar tradisional ( offline market). Tetapi harganya sangat rendah, meskipun konter handphone tersebut meyakinkan Anda bahwa harganya paling bagus. Dan sebagian lagi menjual handphone bekas di pasar online (market place). Tetapi harus menemukan pembeli, harus bertatap muka dan negosiasi kemudian deal untuk menjualnya. Disamping itu, Anda juga merasa khawatir tentang privasi Anda pada handphone tersebut, karena menjual ke orang yang belum dikenal. Akhirnya, Anda tidak ingin menjual handphone bekas tersebut, dan hanya disimpan dirumah. Tetapi harus diketahui bahwa handphone bekas tersebut akan menjadi sumber sampah, dan akan membawa pengaruh terhadap kesehatan jika disimpan dirumah.


    Kondisi ini telah menarik perhatian sekelompok anak muda Indonesia untuk menciptakan “Smartjual.com” dan membangun tim kecil di wilayah Jakarta untuk menyediakan Solusi penanggulangan sampah elektronik berbasis Customer to Business secara online (The E-waste C2B E-commerce Solution). Tim ini dipelopori oleh Putrasio Berlianda Ryan yang merupakan Marketing and Communication Managerdari Smartjual.



        “Smartjual menyediakan wadah untuk menjual gadget bekas secara online. Anda dapat menikmati     layanan pick-up (penjemputan) secara gratis untuk wilayah Jakarta, dan layanan kurir untuk wilayah luar     Jakarta. Saat ini kami mulai dari handphone, pad dan tablet bekas. Nantinya kami akan memperluas ke     kategori lain seperti komputer, laptop, kamera, printer, dan perangkat elektronik lainnya” ungkap Ryan     saat diwawancarai di kantor Smartjual, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.


    Mengapa Smartjual itu berbeda? Kebanyakan E-commerce menjual gadget kepada customer, Sebaliknya Smartjual membeli gadget bekas dari customer. Smartjual menyediakan model penawaran harga terbaik dari berbagai recycler (pendaur ulang / konter HP). Anda masuk ke website Smartjual.com, kemudian melengkapi data mengenai kondisi handphone, dan Smartjual akan memberikan harga terbaik untuk Anda. Selanjutnya, teknisi dari Smartjual akan menghubungi Anda, jemput dan bayar secara tunai di tempat yang Anda inginkan. Semua proses gratis dan sekarang dimulai dari area Jakarta.

    Dimasa depan, Smartjual berfokus pada optimasi platform. Berkolaborasi dengan banyak Professional Recycler Partner yang tergabung di platform ini, termasuk distributor gadget bekas, pabrik handphone, dan Professional E-waste Dismantling Supplier (Perusahaan Pengolah Limbah Elektronik).

    Saat ini, Smartjual telah memulai aktivitas “Go Green Bersama Smartjual” secara online dan offline, sesuai tagline smartjual yaitu “Be Smart Go Green”. Kami ingin mengingatkan kepada semua masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kepeduliannya terdapat lingkungan. Jangan biarkan gadget bekas Anda menjadi sampah elektronik, jual saja di Smartjual.com!. 


Sumber: Kompas.com